Doa Memohon Ketetapan Iman | YDSF

Doa Memohon Ketetapan Iman | YDSF

2 Februari 2024

Doa memohon ketetapan iman merupakan salah satu hal yang penting tetapi sering kali terlupakan. Padahal, kita ketahui bahwa iman seseorang itu bisa naik-turun karena berbagai faktor. Yang paling besar berpengaruh adalah kondisi lingkungan kesehariannya serta keteguhan pribadinya.

Iman adalah suatu keyakinan dan bentuk ketaatan, kepatuhan, dan keterikatan seorang hamba kepada Tuhan-Nya. Dengan iman, hidup seseorang menjadi lebih terarah menentukan tujuan hidupnya. Dengan iman, manusia seakan memiliki kontrol diri terhadap perintah Allah Swt. untuk senantiasa bertindak sesuai hukum dan ketetapan-Nya. Dengan iman pula, dapat diketahui kualitas diri seseorang. Seseorang yang memiliki iman yang kuat cenderung lebih tenang, berhati-hati dalam bertindak, memikirkan matang-matang sebelum mengambil keputusan, dan senantiasa memiliki tutur kata yang baik lagi penuh kesopanan.

Sebagaimana Ibnu Katsir menarasikan tafsir dalam surah Al-Baqarah ayat 2, “Iman menurut pengertian syar’i tidaklah bisa terwujud kecuali dengan adanya keyakinan (i’tiqod), perkataan dan perbuatan. Demikian definisi yang disampaikan oleh kebanyakan ulama. Bahkan Imam Syafi’i dan Imam Ahmad bin Hambal serta Abu ‘Ubaid juga ulama lainnya bersepakat bahwa iman adalah perkataan dan perbuatan, bisa bertambah dan berkurang.”

Tips Menjaga Iman

Menjaga iman agar senantiasa selalu kokoh, tidak tergoyahkan, dan istiqamah dalam hal kebaikan adalah benteng pertahanan kita untuk menjadi muslim yang baik dan taat. Oleh karenanya, untuk dapat menjaga iman perlu ada beberapa hal penting yang dapat dilakukan:

1.       Selektif memilih pertemanan

Sebagai makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dengan sesama, maka penting bagi kita untuk memilih lingkungan keseharian. Terlebih, di era yang serba modern saat ini arus informasi menjadi begitu cepat. Tak jarang, filtrasi menjadi sulit dilakukan karena tak ingin ketinggalan zaman.

Sebagaimana dinarasikan dalam sebuah hadits, Rasulullah saw. bersabda, “Agama Seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya. Hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Maka, bila ingin memiliki keteguhan iman yang baik, kita perlu berkumpul dengan orang-orang shalih. Yang tidak hanya baik menjaga hubungannya dengan Allah tetapi juga dengan sesama makhluk-Nya.

 

2.       Melatih diri untuk istiqamah beramal

Apalah artinya ilmu bila tidak diamalkan. Oleh karenanya, setiap ilmu yang kita dapatkan hendaknya diamalkan. Hindari beramal tanpa ada syariat, karena akan mengkhawatirkan apakah yang sudah dilakukan itu tepat atau justru melanggar.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah saw. bersabda, “Siapa yang beramal tanpa dasar dari kami, maka amalan tersebut tertolak.”

Jangan pernah lelah untuk terus belajar syariat dan mengamalkannya. Itulah salah satu ikhtiar untuk dapat selalu mengingat Allah, yang kelak berdampak pada keteguhan iman kita.

 

3.       Mengiringi setiap ikhtiar dengan doa

Akan menjadi percuma bila ikhtiar kita tidak disertai dengan memohon kepada-Nya. Untuk dapat memiliki ketetapan iman, maka kita juga perlu berdoa kepada Allah Swt. Bukan hanya agar dimudahkan dalam berikhtiar, tetapi juga diberkahi dan diridhai oleh-Nya.

Baca juga: Doa Minta Rezeki Halal dan Berlimpah Sesuai Sunnah | YDSF

Doa Memohon Ketetapan Iman

Terdapat salah satu doa yang dapat dipanjatkan untuk memohon ketetapan iman. Doa ini diriwayatkan oleh Imam Muslim,

اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ

Allahumma musharrifal quluub sharrif quluubanaa’alaa tha’atika

Artinya, “Ya Allah, Dzat yang memalingkan hati, palingkanlah hati kami kepada ketaatan beribadah kepada-Mu.”

Bukan hal yang sulit untuk Allah menggerakan hati setiap hamba-Nya. Terlebih bila ia menginginkan ketaatan. Meski terkadang bagi manusia tersebut berada dalam taat itu sulit, tetapi bila memohon dengan ikhlas dan penuh kerendahan hati maka akan terasa lebih ringan dan mudah.

Insya Allah setiap langkah kita dalam upaya mendekatkan diri kepada-Nya dapat mudah dan penuh keberkahan. (berbagai sumber)

 

 

Ikhtiar Solidaritas Kemanusiaan Palestina


 

Artikel Terkait:

Pesan Rasulullah Saw. Untuk Umat Muslim Jelang Akhir Zaman | YDSF
ZAKAT DAN PAJAK | YDSF
Mendahulukan Qadha Puasa, Lalu Puasa Syawal | YDSF
KEJAR BERKAH, RUTIN SEDEKAH | YDSF
Garage Sale, SD Al-Hikmah Tanamkan Rasa Empati dan Jiwa Wirausaha Kepada Siswa
PERBEDAAN ZAKAT, INFAQ, SEDEKAH, DAN WAKAF | YDSF

 

Paket Hangat untuk Palestina



Tags: doa memohon ketetapan iman, doa memohon keteguhan iman, ketetapan iman, ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: