Progres Pembangunan Kompleks Dakwah YDSF di Cangkringan, Yogyakarta

Progres Pembangunan Kompleks Dakwah YDSF di Cangkringan, Yogyakarta

22 Februari 2023

September 2021 lalu, Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) menerima sebidang tanah wakaf seluas 2.800 m2 untuk warga Dusun Singlar. Penyerahan tanah wakaf tersebut, diterima langsung oleh Muhammad Jazir ASP, selaku pembina YDSF. Sesuai dengan rencana awal, tanah tersebut kini sedang dibangun kompleks wakaf YDSF.

Demi memperluas sebaran dakwah YDSF, maka dibuatlah kompleks ini dengan konsep bangunan yang terdiri dari masjid, rumah glamping, asrama pondok tahfidz, dan area peternakan yang akan dikembangkan dengan sistem wakaf produktif. Selain itu, karena lokasinya yang strategis, hanya sekitar 7 km dari puncak merapi, kompleks dakwah ini diharapkan dapat berfungsi sebagai rest area khususnya untuk para penghobi gowes.

Sedangkan wakaf peternakannya, bertujuan untuk memberdayakan para santri tahfidz agar mandiri dan memberikan nilai manfaat lebih tinggi. Di pesantren tersebut, para hafidz tinggal memperdalam hafalan serta mendapatkan sanadnya. Karena santri yang ditugaskan bukanlah santri pemula yang baru mulai menghafal, harapannya, mereka dapat membagi waktu untuk mempelajari pengembangan hewan ternak.

Alhamdulillah, setiap ikhtiar dalam mewujudkan niat baik tersebut begitu dimudahkan Allah Swt. Mulai dari, penerimaan wakaf berupa joglo jati untuk bangunan masjid dari mantan Kepala Dinas PU Daerah Istimewa Yogyakarta. Hingga, didapatkannya wakaf senilai Rp700 juta untuk pembangunan kompleks asrama pondok tahfidz.

Hingga akhir Januari 2023, progres pembangunan wakaf kompleks dakwah YDSF di Cangkringan, Yogyakarta, meliputi:

Ø  Rampungnya pembangunan (100%) masjid beserta fasilitas kamar mandi dan tempat wudhu;

 

 

Ø  880% proses pengerjaan rumah glamping (tempat istirahat pengunjung);

 

Ø  Asrama santri dalam tahap penyelesaian rooftop, sedangkan untuk 10 bangunan kamarnya telah selesai;


Ø  Pengerjaan pondasi untuk kandang hewan ternak.

 

 

Dalam perkembangan pembangunan tersebut, masih diperlukan tanah tambahan untuk menyelesaikan keseluruhan bagian kompleks. YDSF mengajak Sahabat untuk dapat berpartisipasi dalam merampungkan proyek kebaikan ini. Insya Allah, setiap ikhtiar yang kita berikan dapat menjadi tabungan pahala terbaik hingga di akhirat nanti. (ay)

 

 

Wakaf di YDSF


 

Artikel Terkait

Waktu Terbaik Terkabulnya Doa | YDSF
ZAKAT DARI UANG PESANGON PENSIUN | YDSF
Mendahulukan Jamak-Qashar dalam Shalat Fardhu | YDSF
FIDYAH DALAM ISLAM DAN KETENTUANNYA | YDSF
Kisah Mualaf, Musibah Membuatku Hijrah | YDSF
WAKTU MEMBAYAR ZAKAT MAAL | YDSF
Sujud Setelah Shalat | YDSF

 

Kompleks Wakaf Cangkringan



Tags: progres pembangunan kompleks dakwah ydsf cangkringan yogyakarta, kompleks dakwah

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: