Ragam Penyaluran Program YDSF Februari 2023

Ragam Penyaluran Program YDSF Februari 2023

28 Februari 2023

Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) merampungkan bulan Februari 2023 merealisasikan berbagai program terbaik yang bermanfaat untuk masyarakat. Tentu, realisasi ini dapat kami capai berkat adanya amanah yang tak pernah putus dari para Sahabat Donatur YDSF. Berikut rangkuman beberapa penyaluran program YDSF selama Februari 2023:

Dai YDSF Berbagi Zakat untuk Mustahik di Berbagai Titik di Jawa Timur

Melalui program Dai Berdaya, YDSF bagikan zakat untuk masyarakat membutuhkan di sembilan titik yang tersebar di beberapa wilayah Jawa Timur. Kesembilan daerah yang mendapatkan kebermanfaatan dai YDSF meliputi Lamongan, Tuban, Jember, Blitar, Nganjuk, Mojokerto, Magetan, Tulungagung dan Sumenep. Di tiap-tiap titik, dai YDSF membagikan sebanyak Rp50 juta untuk 100 penerima manfaat. Masing-masing mustahik (penerima) mendapatkan bantuan Rp500 ribu yang diwujudkan dalam bentuk uang tunai dan sembako.

Dukung Jambore Dakwah Internasional hingga Latih Guru di Distrik Fakfak, Papua

Pada akhir Desember, sebanyak 30 guru sekolah di Distrik Fakfak, Papua Barat mendapatkan pelatihan Smart Teaching yang diadakan oleh YDSF. Bermitra dengan Kualita Pendidikan Indonesia (KPI), pelatihan berlangsung di SD Inpres Patipi Pasir, Distrik Teluk Patipi dengan mengusung tema Himpun Energi Belajar Siswa Anda, Optimalkan Kelas Anda. YDSF juga turut berpartisipasi dalam gelaran Jambore Dakwah Internasional Ke-7 yang dilaksanakan oleh Yayasan Al-Fatih Kaaffah Nusantara (AFKN) dengan peserta 700 orang dari dalam dan luar negeri.

YDSF Renovasi Rumah Lansia di Pacitan

YDSF berkesempatan berkunjung ke dua rumah lansia yang ada di pelosok perbukitan Kabupaten Pacitan, pada akhir Desember lalu.  Lansia tersebut adalah sepasang suami istri Mbah Gimun (81) dan Mbah Katinem (79) warga Desa Pagutan, Kecamatan Arjosari dan lansia ibu dan anak, Tumirah (84) dan Tukimah (62). Tumirah yang sudah berusia lanjut diasuh sendirian oleh anaknya, Tukimah yang berusia sepuh juga dengan kondisi difabel. YDSF memberikan bantuan senilai Rp6,5 juta untuk Mbah Gimun yang dirupakan dalam bentuk renovasi rumah, perabotan, sembako dan uang tunai. Sedangkan bantuan untuk Mbah Tukimah dan ibunya mendapatkan bantuan perabotan, sembako serta uang senilai Rp5 juta. 

LPF Darussalam, Tropodo Sidoarjo Bantu Sumur Bor di Ponpes Al Mashduqiyah Probolinggo

Bertempat di Dusun Telogo, Desa Karanggeger, Pajarakan, Probolinggo, YDSF bersama Lembaga Pendidikan Al Falah (LPF) Darussalam, Tropodo resmikan sumur bor untuk Pondok Pesantren Al Mashduqiyah. Peresmian sumur bor yang berlangsung pada pertengahan Januari itu nantinya dimanfaatkan di asrama putri yang sedang dibangun di lokasi baru. Dana proyek sumur bor didapatkan dari penggalangan donasi siswa LPF Darussalam, Tropodo mulai jenjang KB, TK, SD dan SMP. Proyek senilai Rp40 juta ini diperkirakan mampu mengeluarkan air sebanyak 5000 liter per 15 menit dan akan dimanfaatkan juga untuk kebutuhan warga sekitar pesantren.

Gelar Sunatan Massal, Beasiswa dan Pemeriksaan Kesehatan bagi Lansia

Bersama Pondok Pesantren Al-Kayyis Al-Islamy Mojokerto, YDSF gelar berbagai kegiatan sosial untuk masyarakat Dusun Blentreng, Desa Ngembat, Kecamatan Gondang, Mojokerto. Bakti sosial ini diisi dengan kegiatan sunatan massal dan bantuan perlengkapan BTS (Back to School). Sebanyak 50 paket BTS dibagikan untuk siswa yang membutuhkan. Pada saat yang sama juga dilakukan penyerahan bantuan beasiswa Pena Bangsa senilai Rp9,2 juta untuk 23 anak di sekitar lingkungan pondok. Di kesempatan yang lain, bekerjasama dengan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) dan Masjid Nurul Muhajirin, YDSF adakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi lansia di Candi, Sidoarjo. Sebanyak 130 lansia hadir untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan meliputi cek kolesterol, tekanan darah, asam urat, dan gula darah.

Turut Tingkatkan Kualitas Pendidikan, YDSF berupaya Sejahterakan Guru dan Murid

Di Kecamatan Genteng, Banyuwangi, sebanyak 20 Guru Al-Qur’an mendapatkan santunan dari YDSF senilai Rp10 juta. Guru-guru pendidikan Al-Qur’an ini masing-masing memperoleh insentif senilai Rp500 ribu. Selain itu, beasiswa bantuan tunai juga direalisasikan bagi siswa MA Darul Huda Banyuwangi. Sebanyak 14 siswa mendapatkan masing-masing Rp800 ribu dengan total bantuan senilai Rp11,2 juta untuk meringankan tanggungan biaya pendidikan. Di lain kesempatan, YDSF juga memberikan bantuan untuk Agus Wantoro, pengrajin kotak kado yang usahanya kian sepi. Agus menerima tambahan modal usaha Rp2 juta.

Ragam Kegiatan Liburan Ceria Anak Yatim, Realisasikan Sembako hingga Adakan Sunatan Massal

Sebanyak 17 anak yatim dhuafa yang tergabung dalam Program Nanda Cerdas Peduli YDSF ikut serta dalam Tahfidz Camp di Vila Burno, PT Mustikatama. Kegiatan itu diisi dengan program hafalan Al-Qur’an dan outbond guna melatih daya tangkas otak anak. YDSF juga berkontribusi menyalurkan 63 paket sembako senilai Rp6,3 juta bagi yatim, dhuafa dan lansia di Desa Dawuhan Lor dan Markas Griya Al-Qur’an YDSF Lumajang. Selain itu, juga mengadakan sunatan massal pada akhir Desember 2022. 

YDSF Salurkan Beasiswa bagi 695 Anak Yatim di Gresik


Sebanyak 695 anak yatim di Gresik mendapatkan bantuan beasiswa. Bantuan disalurkan di Graha Zakat YDSF Gresik secara berkala. Uang tunai dengan total senilai Rp250,8 juta itu direalisasikan YDSF dipenghujung tahun 2022. "Terima kasih YDSF dan para donatur. Bantuan ini akan saya gunakan untuk biaya sekolah saya,” kata Yessi, siswi SD Negeri 2 Gresik.

 

 

Mudah Tunaikan ZISWAF di YDSF


 

Artikel Terkait

Sujud Setelah Shalat | YDSF
ZAKAT DARI UANG PESANGON PENSIUN | YDSF
Pelaksanaan Shalat Sunnah Rawatib | YDSF
FIDYAH DALAM ISLAM DAN KETENTUANNYA | YDSF
Tidak Shalat Jumat Lebih dari Tiga Kali | YDSF
WAKTU MEMBAYAR ZAKAT MAAL | YDSF

 

Zakat Melalui Lembaga



Tags: ragam penyaluran program ydsf februari 2023, program ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: