Sedekah Atas Nama Orang Tua yang Telah Meninggal | YDSF

Sedekah Atas Nama Orang Tua yang Telah Meninggal | YDSF

5 Oktober 2022

Bagi setiap anak, sudah semestinya untuk selalu berbakti kepada orang tua, bagaimanapun kondisinya. Sebab, merekalah yang selalu merawat kita sejak lahir hingga dewasa. Tak ada hal apapun yang bisa membalas jasa orang tua terhadap kita.

Allah Swt. memerintahkan hambaNya untuk selalu berbakti kepada orang tua, secara langsung melalui firmanNya dalam Al-Qur’an surah Al Isra’ ayat 23,

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوٓا۟ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ ٱلْكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”.

Sungguh beruntung orang-orang yang diberi kesempatan Allah Swt. untuk bisa merawat kedua orang tua hingga akhir hayat. Sebab, sama halnya kita merawat surganya Allah. Sebagaimana Rasulullah bersabda, “Orang tua adalah pintu surga paling tengah. Kalian bisa sia-siakan pintu itu, atau kalian bisa menjaganya.” (HR. Ahmad).

Baca juga: Adab Anak terhadap Orang Tua dalam Islam | YDSF

Berbakti Kepada Orang Tua, Tak Hanya Semasa Hidup Saja

Tak hanya semasa hidup saja, kewajiban seorang anak untuk berbakti kepada kedua orang tua akan tetap melekat hingga mereka meninggal dunia. Lantas, bagaimana caranya?

Dari Abu Usaid Malik bin Rabi’ah As-Sa’idi, ia berkata: “Suatu saat kami pernah berada di sisi Rasulullah. Ketika itu datang seseorang dari Bani Salimah, ia berkata, “Wahai Rasulullah, apakah masih ada bentuk berbakti kepada kedua orang tuaku ketika mereka telah meninggal dunia?” Nabi  menjawab, “Iya. mendo’akan keduanya, meminta ampun untuk keduanya, memenuhi janji mereka setelah meninggal dunia, menjalin hubungan silaturahim (kekerabatan) dengan keluarga kedua orang tua yang tidak pernah terjalin dan memuliakan teman dekat keduanya.” (HR. Abu Daud)

Apabila orang tua telah tiada, sebisa mungkin setiap kali kita teringat kepadanya, usahakan selalu mendoakan dan memohonkan ampun untuk keduanya. Mengirimi surah Al-Fatihah khusus untuk keduanya. Sebab, doa anak akan memutus amal keburukan orang tua ketika di dunia.

Selain itu, hendaklah menepati janji orang tua yang belum terpenuhi semasa hidupnya. Misal ketika kedua orang tua memiliki hutang, maka sebagai anak wajib membayarnya. Satu hal lagi yang tak kalah penting, yakni tetap menjalin silaturahim kepada saudara dan kerabat orang tua kita. Jangan sampai hubungan kekeluargaan terputus pasca orang tua tiada.

Baca juga: Bayar Zakat untuk Orang yang Meninggal | YDSF

Sedekah Atas Nama Orang Tua yang Meninggal

Sebagian dari kita pasti sempat terpikirkan, sebenarnya dalam Islam jika kita bersedekah atas nama orang tua yang telah meninggal dunia itu diperbolehkan atau tidak? Jika diperbolehkan, apakah pahala sedekah akan sampai kepada orang tua kita? Dalam hal ini, Rasulullah saw. menjawab melalui sabdanya,

“Sesungguhnya ibu dari Sa’ad bin ‘Ubadah radhiyallahu ‘anhu meninggal dunia. Sedangkan Sa’ad pada saat itu tidak berada di sisinya. Kemudian Sa’ad mengatakan, ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku telah meninggal, sedangkan aku pada saat itu tidak berada di sampingnya. Apakah bermanfaat jika aku menyedekahkan sesuatu untuknya?’ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Iya, bermanfaat.’ Kemudian Sa’ad mengatakan pada beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Kalau begitu aku bersaksi padamu bahwa kebun yang siap berbuah ini aku sedekahkan untuknya’.” (HR. Bukhari)

Sedekah yang ditunaikan anak untuk orang tua yang telah tiada, maka pahala sedekahnya akan sampai kepada keduanya. Sampai kepada orang tua yang meninggal tanpa mengurangi pahala anak yang bersedekah. Anak yang ingin bersedekah atas nama orang tua, merupakan wujud pengabdian anak terhadap orang tua pasca-wafatnya. Dan perlu disadari, bahwa harta anak sebenarnya adalah harta orang tuanya.

Dari ‘Aisyah r.a., Bahwasanya ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi shallallahu’alaihi wa sallam, “Sesungguhnya ibuku meninggal dunia secara tiba-tiba (dan tidak memberikan wasiat), dan aku mengira jika ia bisa berbicara maka ia akan bersedekah, maka apakah ia memperoleh pahala jika aku bersedekah atas namanya (dan aku pun mendapatkan pahala)? Beliau menjawab, “Ya, (maka bersedekahlah untuknya).” (HR. Bukhari)

 

Disadur dari Majalah Al Falah Edisi 408 Bulan Maret 2022

 

Sedekah Online:

 

Artikel Terkait:

Wakaf Terbaik untuk Orang Tua Tercinta | YDSF
Berbakti Kepada Orang Tua yang Meninggal | YDSF
Berdoa dengan Menyebut Nama Perantara (Tawassul) Orang Yang Sudah Meninggal| YDSF
Amanah Rumah Wakaf dari Sepupu yang Meninggal | YDSF
Qurban Untuk Orang Meninggal | YDSF
Hukum Aqiqah Bagi Bayi yang Meninggal | YDSF

Tags: sedekah, sedekah orang tua, sedekah orang meninggal

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: