YDSF Buat Warung Sedekah, Siapapun Bisa Mampir Makan Gratis

YDSF Buat Warung Sedekah, Siapapun Bisa Mampir Makan Gratis

8 Desember 2022

Yayasan Dana Sosial al Falah (YDSF), Lembaga Amil Zakat Nasional yang berbasis di Surabaya membuat layanan makan gratis berupa Warung Sedekah di Jalan Karet 12 Surabaya. Setiap hari, sekitar 200 porsi makan dengan menu berbeda diberikan secara gratis bagi sapa saja yang mampir di tempat itu.

Direktur Pelaksana YDSF Jauhari Sani mengatakan konsep Warung Sedekah itu dibuat untuk memberikan layanan menu makanan tak berbayar pada masyarakat yang membutuhkan. Kata Jauhari, layanan makan mulai dibuka pada jam makan siang atau setelah shalat Dhuhur.

“Kami ingin membantu sesama. Apalagi kondisi ekonomi masyarakat juga belum membaik. Siapapun boleh mampir. Tak terkecuali,” kata Hari, panggilan Jauhari Sani.

Hari menjelaskan, program Warung Sedekah itu telah dibuka sepekan ini menempati rumah milik donatur YDSF. Mayoritas para penerima manfaat ojek online, pekerja panggul, dan warga sekitar Jalan Karet. Sekitar 200 porsi disediakan setiap hari.

Aslam, salah satu ojol mengatakan bisa berhemat dengan adanya kegiatan ini. “Rasanya sangat mantap, bisa membantu anak-anak driver (ojol). Kita bisa berhemat 10 ribu,” tandasnya.

Manajer Sosial Kemanusiaan YDSF Rochmad Hidayat menambahkan, ratusan porsi makan gratis yang disediakan setiap hari itu dibeli dari penjual makanan dan warung-warung di sekitar lokasi. Sehingga program itu bisa memberdayakan masyarakat dan menambah penghasilan keluarga mereka.

“Alhamdulillah, program ini kami buat agar memberi dampak ekonomi bagi warga masyarakat. Sehingga nantinya kebermanfaatannya bisa lebih panjang,” ujar Rochmad.

Agar tidak membosankan, lanjutnya, menu makanan setiap hari selalu berganti. Mulai dari pecel lele, ayam geprek, soto, nasi campur, hingga nasi babat. Rencananya, program tersebut akan terus dilakukan dengan melibatkan banyak penjual makanan.

“Alhamdulillah, saya bersyukur dapat pesanan tiap hari. Kalau jualan di rumah biasanya laku 10 sampai 15 porsi. Sekarang dari pesanan ini dapat jualan 40 porsi,” kata Rohmah, salah satu warga penyedia makanan.

Ia berharap, program YDSF itu terus berjalan karena bisa membantu perekonomian warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Warung Sedekah. Perut Kenyang, Sedekah Lapang.

 

Sedekah Berkah


Artikel Terkait:

Layanan Operasi Hernia YDSF

YDSF KELOLA POTENSI WAKAF DEMI UMAT

Meraih Akhlak dengan Zakat | YDSF

Doa Memohon Rezeki yang Berkah dan Umur Panjang | YDSF

WAKAF TUNAI DI YDSF

YDSF Rayakan 'Agustusan' Bersama Puluhan ABK Madiun

IKATAN BAIK YDSF DAN MASJID AL FALAH

 

Peduli Sesama Membawa Berkah



Tags: warung sedekah, warek, warung sedekah ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: