Fakta Akar Konflik Palestina dan Israel | YDSF

Fakta Akar Konflik Palestina dan Israel | YDSF

20 November 2023

Berbicara tentang fakta akar konflik Palestina dan Israel, maka kita tidak bisa hanya melihat kejadian pada 7 Oktober 2023. Namun, kita harus mempelajari kembali sejarah awal terjadinya konflik Palestina dan Israil ini. Bukan hanya membuka buku sejarah dunia, tetapi juga tentang penciptaan para kaum secara keagamaan yang valid sesuai kitab suci yang tidak diubah-ubah isinya. Sebagai umat Muslim, maka Al-Qur’an yang menjadi referensi utama.

Mengapa demikian? Sebagaimana kita ketahui bahwa sebuah sejarah itu ditulis oleh siapa yang memenangkan. Tak heran, banyak sejarah penting yang dianggap merugikan atau merusak nama baik mereka akhirnya dihapuskan. Kemudian akar konflik yang sesungguhnya menjadi tertutup dan terlupakan.

Akar konflik perebutan wilayah Palestina yang dilakukan oleh para Zionis Israil sejatinya telah terjadi sejak zaman para Nabi. Memang, saat itu istilah Zionis masih belum ada. Namun, perilaku dan cara mereka memperlakukan Palestina sudah nampak bibit-bibit yang tidak sewajarnya.

Sejarah awal Palestina memiliki keterkaitan dengan silsilah keturunan Nabi Nuh as. Sekitar tahun 2345 sebelum masehi (SM) terjadi banjir besar yang diakui sebagai hukuman atas perilaku manusia yang melampaui batas, salah satunya meragukan kekuasaan Allah Swt. Akibat dari banjir yang terjadi istri serta anak Nabi Nuh yang pertama, Kan’an, tenggelam menyisakan tiga anak yang masih hidup yaitu, Sam, Ham, dan Yafith.

Putra Nabi Nuh yang bernama Ham memiliki anak bernama Kan’an (namanya disamakan dengan sang kakak, karena ingin mengenangnya). Pada saat itu tiga anak Nabi Nuh menyebar di beberapa wilayah. Zaman dahulu, tempat pertama yang diduduki mereka maka akan disebut sesuai dengan mana orang tersebut. Salah satunya wilayah yang ditempati Kan’an. Maka tempat itu kemudian diberi nama Kan’aan atau Kananis. Dalam wilayah Kan’an memilik beberapa suku yaitu salah satunya suku Filistin, sehingga pada akhirnya wilayah tersebut dikenal dengan Palestina.

Baca juga: Mengapa Banyak Nabi Diutus ke Bani Israil dan Bangsa Arab? | YDSF

Munculnya Israil dan Yahudi

Bangsa Israil muncul dari keturunan Nabi Ibrahim a.s., khususnya melalui garis keturunan Nabi Ishaq. Nabi Ibrahim memiliki dua istri, yaitu Sarah dan Hajar. Namun keturunan utama yang memainkan peran penting dalam sejarah Israil berasal dari putra Sarah yang bernama Ishaq. Setelah dewasa, Nabi Ishaq menikahi seorang wanita bernama Rikba. Setelah puluhan tahun, keduanya baru diberi keturunan oleh Allah yakni Esau dan Yaqub.

Yaqub, yang kemudian populer dikenal dengan sebutan Israil, merupakan salah satu anak Nabi Ishak yang paling saleh dan meneruskan ayahnya menjadi seorang nabi yang dihormati. Nabi Yakub diberi julukan “Israil”, yang artinya adalah hamba Allah. Hal tersebut karena suatu peristiwa yang terjadi ketika masih muda yaitu sering melakukan perjalanan di malam hari, Ya’qub suka melakukan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah di malam hari.

Bahkan, dalam Al-Qur’an pun terdapat beberapa penyebutan untuk Yaqub yang menggunakan istilah Israil. Sebagaimana dalam surah Al-Imran ayat 93,

كُلُّ الطَّعَامِ كَانَ حِلًّا لِبَنِي إِسْرَائِيلَ إِلَّا مَا حَرَّمَ إِسْرَائِيلُ عَلَىٰ نَفْسِهِ مِنْ قَبْلِ أَنْ تُنَزَّلَ التَّوْرَاةُ ۗ قُلْ فَأْتُوا بِالتَّوْرَاةِ فَاتْلُوهَا إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ

“Semua makanan adalah halal bagi Bani Israil melainkan makanan yang diharamkan oleh Israil (Ya'qub)* untuk dirinya sendiri sebelum Taurat diturunkan. Katakanlah: "(Jika kamu mengatakan ada makanan yang diharamkan sebelum turun Taurat), maka bawalah Taurat itu, lalu bacalah dia jika kamu orang-orang yang benar.”

*perhatikan tulisan Arab yang diberi tanda lebih tebal.

Oleh karenanya, keturunan dari Nabi Yaqub dikenal dengan sebutan Bani Israil. Yang kemudian, dalam agama lain menyebutnya dengan istilah Israel atau Bani Israel. Anak dari Nabi Yaqub yang berjumlah 12 lalu membentuk 12 suku di tanah Kan’an.

Baca juga: Kisah Nabi dan Palestina dalam Islam | YDSF

Lalu siapakah Yahudi?

Yahudi ialah orang-orang keturunan bangsa Israel yang mengidentifikasi dirinya berasal dari suku Yahuda (keturunan dari anak nabi Yaqub). Sedangkan dalam Islam, istilah Yahudi merupakan sebuah sebutan untuk orang merujuk yang merujuk kata innaa hudnaa dalam surah Al-A’raf ayat 156, dengan arti sesungguhnya kami kembali (bertaubat) kepada Engkau (Allah).

Dari penyebutan tersebut, kata hudnaa bila dijabarkan menjadi: 1) haaduu yang merupakan kata dasar; 2) yahud, yang merupakan sifat keadaannya; 3) Yahudi, merupakan sebutan untuk orang yang melakukannya. Penyebutan hadu untuk merujuk pada orang Yahudi, terdapat dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 62, wa dziini haaduu.

Khayalan Zionis Penjajahan Palestina

Para Zionis memiliki visi untuk mengakuisisi Palestina dan mendirikan negara mereka di sana. Mereka mengklaim bahwa tanah tersebut merupakan miliknya. Berawal mereka datang sebagai penyintas, tetapi saat diberi pertolongan justru mengusir si pemilik rumah. Selain itu, dalam kebijakan pemukiman Israel di wilayah Palestina, juga merupakan upaya mereka untuk mendominasi dan menguasai tanah Palestina.

Wilayah negara Palestina dari tahun ke tahun semakin menyempit. Mirisnya, kini dunia hanya mengenal Gaza dan West Bank (Tepi Barat) sebagai wilayah Palestina. Itu pun, dengan embel-embel “Wilayah Kependudukan”.

Khayalan Zionis untuk mendirikan Negara sendiri dan bertindak semau mereka membuat saudara-saudara kita di Palestina justru menderita. Cita-cita Zionis menghidupkan Samiri sebagai puncak kebahagiaannya adalah sebuah omong kosong. Justru itulah salah satu tanda semakin dekatnya kita dengan hari akhir. Wallahua’lam.

 

Ikhtiar Terbaik untuk Palestina


 

Artikel Terkait

SASARAN DISTRIBUSI PENERIMA SEDEKAH | YDSF
YDSF Buat Warung Sedekah, Siapapun Bisa Mampir Makan Gratis
ZAKAT PENGURANG PENGHASILAN KENA PAJAK | YDSF
Fidyah dalam Islam dan Ketentuannya | YDSF
ZAKAT, DIBERIKAN KE TETANGGA ATAU LEMBAGA? | YDSF
Hukum Zakat Penghasilan dalam Islam | YDSF
6 AMALAN PEMBUKA REZEKI | YDSF
2 Jenis Harta Benda Wakaf | YDSF

Tags: akar konflik palestina israel, fakta konflik palestina israel, permasalah palestina israel, ydsf, ydsf peduli palestina

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: