YDSF Salurkan Bantuan Palestina hingga Rp3 Miliar

YDSF Salurkan Bantuan Palestina hingga Rp3 Miliar

28 November 2023

Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) memberikan aksi tanggap terhadap tragedi Palestina 7 Oktober 2023 dengan mendistribusikan bantuan amanah dari Sahabat Donatur yang berjumlah hingga Rp3 Miliar. Gerakan kepedulian ini dirangkai dalam payung program bernama “Solidaritas Kemanusiaan untuk Rakyat Palestina”.

Jauhari Sani Direktur Pelaksana YDSF mengatakan, bantuan tahap pertama telah dikirimkan ke Palestina melalui mitra salur di Gaza seperti Al Khair Foundation, Hayat Yolu, Indonesian Humanitarian Alliance (IHA), TNI Angkatan Laut, dan Forum Zakat.

Bantuan tahap pertama berupa 2000 paket makanan diterima pengungsi di Khan Younis dan ratusan paket hygiene kit berisi alat mandi, tisu, alat shalat, serta selimut di kamp pengungsi Gaza City.

Jauhari menjelaskan, bantuan-bantuan tersebut telah terdistribusikan ke para pengungsi di Gaza. Rencananya, bantuan lain akan menyusul dengan berbagai bentuk lainnya yang menyesuaikan kebutuhan pengungsi.

“Kami terus memantau perkembangan di lapangan terkait kebutuhan-kebutuhan warga Gaza. Sembari tim kami terus menghimpun donasi dari masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Hingga saat ini, YDSF terus berupaya menghimpun donasi dari masyarakat serta berkolaborasi dengan berbagai lembaga dalam penggalangan bantuan untuk rakyat Palestina, lanjutnya.

“Melihat perkembangannya, insya Allah donasi terus bertambah. Apalagi banyak komunitas dan lembaga baru bergerak untuk penggalangan. Kami targetkan Rp10 miliar bisa terhimpun,” katanya.

Sementara itu, Imron Wahyudi Kepala Divisi Pendayagunaan YDSF menuturkan, penyaluran bantuan ke Palestina dilakukan dengan menggandeng beberapa mitra untuk mempermudah akses barang bantuan masuk. Karena pintu masuk melalui Rafah, Mesir tidak selalu dibuka sehingga butuh jalur lain sebagai alternatif.

“Kami harus bisa memastikan, bantuan yang diamanahkan melalui YDSF yang dikirim melalui mitra lokal di sana bisa masuk dan tepat sasaran. Sehingga laporan pendistribusiannya juga akan langsung kami sampaikan kepada para donatur secara update,” ujar Imron.

Imron menambahkan, kondisi di Palestina yang tidak menentu membuat tim Kemanusiaan YDSF harus mencari cara agar bantuan segera terkirim dan sampai pada penerimannya. Salah satunya adalah memperbanyak mitra penyaluran internasional.

Untuk bantuan tahap kedua, rencananya akan dikirimkan pada pertengahan November berupa makanan dan obat-obatan melalui Rafah, Mesir.

 

 

Peduli Palestina


 

Artikel Terkait

BEDA ZAKAT PENGHASILAN DAN ZAKAT MAAL | YDSF
YDSF Buat Warung Sedekah, Siapapun Bisa Mampir Makan Gratis
PERBEDAAN ZAKAT PROFESI DAN ZAKAT PERTANIAN | YDSF
Dahsyatnya Makna Kata “Insya Allah” | YDSF
BAYAR ZAKAT UNTUK ORANG YANG MENINGGAL | YDSF
Bolehkah Zakat Maal dalam Bentuk Barang? | YDSF
6 AMALAN PEMBUKA REZEKI | YDSF


5 Tragedi Palestina

Tags: ydsf palestina, bantuan palestina, donasi palestina, donasi palestina ydsf, ydsf bantu palestina

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: