Keunggulan Qurban di YDSF

Keunggulan Qurban di YDSF

18 Mei 2023

Untuk dapat menunaikan ibadah qurban, tentu tidak bisa sembarangan. Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Oleh karenanya, Yayasan Dana Sosial a-Falah (YDSF) selalu berupaya memberikan berbagai fasilitasi keunggulan kepada para mudhahi untuk dapat menunaikan qurban terbaiknya.

Penunaian qurban bukan hanya sekadar bentuk taat meneladani apa yang dikerjakan oleh Nabi Ibrahim a.s. saat diperintahkan mengurbankan putra terkasihnya, Nabi Ismail a.s. Namun, sejatinya merupakan salah satu upaya untuk mendekatkan diri dan wujud syukur kepada Allah Swt. Yakni, dengan memberikan hewan terbaik saat berqurban.

Selain itu, berqurban juga bentuk dari ibadah sosial. Karena mampu melatih diri untuk dapat menumbuhkan rasa peduli dan berbagi. Melalui pembagian daging hasil qurban, kita juga dapat turut membantu masyarakat yang membutuhkan. Utamanya bagi mereka yang menderita kekurangan gizi.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat sekitar 12.183 desa di Indonesia yang dinyatakan menderita kekurangan gizi. Dengan tiga wilayah yang menempati posisi teratas yaitu Nusa Tenggara Timur (NTT) sebanyak 1.671 desa, Jawa Timur sebanyak 1.418 desa, dan Jawa Tengah sebanyak 1.316 desa.

Oleh karenanya, program Ekspedisi Qurban Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) di tahun ini ingin mengajak Sahabat Mudhahi melakukan intervensi gizi kepada mereka yang membutuhkan. Mengambil peran dalam upaya meningkatkan kualitas asupan, terutama untuk masyarakat daerah pelosok.  

Ekspedisi Qurban merupakan program rutin yang diadakan oleh YDSF guna memfasilitasi penunaian qurban para mudhahi setiap jelang Iduladha. Sejak 2001 sampai 2022, telah terdistribusikan 28.389 ekor domba dan 1.232 ekor sapi kepada penerima manfaat hingga pelosok Indonesia serta beberapa mancanegara. Menariknya, banyak kenangan manis hingga kisah haru selama Ekspedisi Qurban YDSF berlangsung.

Seperti dua tahun lalu saat tim mendapati belasan daerah di wilayah Situbondo dan Bondowoso tidak pernah ada penyembelihan hewan qurban. Selain menderita kekeringan, mereka mengaku lebih dari 10 tahun tidak pernah merasakan daging qurban. Hal yang serupa juga dirasakan warga Desa Sumberbendo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. Hingga akhirnya, dai YDSF yang bertugas di sana, Munib Muhaimin mengajukan permohonan distribusi qurban. Saat itu, mimpi terbesarnya adalah mendapatkan seekor domba untuk menambah semarak dakwahnya. Akhirnya, YDSF mendistribusikan seekor sapi jantan tanpa memberi kabar. Tangis haru pun pecah, bahkan Ustadz Munib langsung pingsan. Tidak menyangka bahwa kebaikan dari Sahabat Mudhahi YDSF dapat memberikan kebahagiaan tak ternilai untuk mereka.

Baca juga: 
Ketentuan dan Syarat Qurban berdasarkan Syariat Islam | YDSF
HADITS PALSU: SETIAP BULU HEWAN QURBAN ADA KEBAIKAN | YDSF

4 Keunggulan Qurban di YDSF

Bila pada penjelasan di atas kita mengetahui bagaimana upaya YDSF memberikan qurban terbaik untuk para penerima, kami juga memberikan fasilitas unggul kepada Sahabat Mudhahi yang menunaikan. Berikut empat keunggulan menunaikan qurban di YDSF yang dapat dirasakan oleh Sahabat Mudhahi:

1.      Penerima Manfaat Tepat Sasaran

Sasaran utama dari program Ekspedisi Qurban 1444 H YDSF adalah masyarakat pelosok yang kekurangan gizi disebabkan oleh tingkat kemisikan tinggi. Yang akan didistribusikan melalui dai dan mitra YDSF di seluruh penjuru negeri. 

2.      Hewan Qurban Berkualitas

Hewan qurban YDSF terjamin sesuai standar veterinarian dan syari, serta memiliki bobot premium. Untuk berat domba antara 29 – 38 kg dan sapi antara 290 – 350 kg.

3.      Kemudahan Layanan

Mudhahi dapat berqurban melalui layanan jemput oleh petugas, transfer, datang ke kantor YDSF terdekat atau website (ydsf.org). Harga sudah termasuk biaya pemeliharaan, distribusi, hingga pengiriman laporan. 

4.      Laporan Qurban Terintegrasi

Bila ingin mengetahui progres distribusi qurban, mudhahi dapat melacaknya secara mandiri melalui website YDSF. Bagi mudhahi yang mengikuti program Tabung Qurban, juga dapat memantau perkembangan donasi terkininya.

Bismillahirrahmaanirrahiim, Allah memampukan dan memudahkan kita menjadi shahibul qurban. Serta menunaikan qurban terbaik bersama YDSF.

 

Ekspedisi Qurban YDSF


 

Artikel Terkait:

MENUNAIKAN QURBAN DENGAN UANG | YDSF
Doa Agar Diberikan Hikmah & Masuk Golongan Shalih | YDSF
SIAPA SAJA PENERIMA QURBAN? | YDSF
Sedekah Atas Nama Orang Tua yang Telah Meninggal | YDSF
BOLEHKAH BERQURBAN BILA BELUM AQIQAH? | YDSF
Saat Amal Baik Batal Dilakukan | YDSF
URUNAN QURBAN DI SEKOLAH | YDSF

 

Pelatihan Juru Sembelih Halal YDSF | Cara Penyembelihan Hewan yang Halal & Ihsan


Tags: keunggulan qurban di ydsf, qurban ydsf, ydsf, qurban, ibadah qurban, bayar qurban di ydsf, bayar qurban, qurban mudah

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: