Penyaluran Program YDSF Mei 2023

Penyaluran Program YDSF Mei 2023

30 Mei 2023

 Alhamdulillah, amanah dari Sahabat Donatur Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) selama periode Mei 2023 telah terdistribusikan untuk beberapa program yang dapat membantu banyak masyarakat merasakan manfaatnya. Berikut ringkasan penyalura program-program tersebut:

Milad ke-36, YDSF Gelar Kaafah & Tarhib Ramadhan

Kajian Aktual Al-Falah (Kaafah) Milad YDSF ke-36 sukses digelar pada pertengahan Maret di Jatim International Expo (JIE) Convention Exhibition. Rangkaian Kaafah sekaligus tarhib menyambut Ramadhan itu menghadirkan Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA dan Ustadz Muhammad Jazir, ASP sebagai pembicara. Kegiatan yang dilangsungkan Ahad pagi itu sekaligus membahas tentang keutamaan wakaf sebagai investasi dunia dan akhirat. 

Perayaan semarak Milad YDSF yang dihadiri ratusan donatur dan masyarakat umum kali ini, juga menjadi perenungan bahwa YDSF merupakan lembaga perintis dalam mengurusi tata kelola ziswaf selama 36 tahun. “Maka, percayakan pada YDSF sekaligus bersama menyemai kebaikan dan kemuliaan,” kata Prof. Nuh di akhir kajian.

YDSF Resmikan Bantuan Masjid di Bondowoso


Dana yang disalurkan YDSF ke Pondok Pesantren Darul Qur’an Al-Ghozali kini telah berbuah masjid yang berdiri kokoh. Masjid Al-Madinah merupakan bentuk kontribusi dana yang disalurkan YDSF. Pada pertengahan Maret lalu, masjid yang berada di kawasan ponpes yang ada di Tangsil Wetan, Wonosori, Bondowoso itu diresmikan.

Direktur YDSF, Jauhari Sani turut serta meresmikan masjid bersama pimpinan pondok pesantren di Jawa Timur lainnya seperti PP Nurul Jadid Paiton Probolinggo, PP Sidogiri Pasuruan, dan PP Nurul Abror Banyuwangi. Selain Masjid, YDSF juga turut berkontribusi memberikan operasional pondok pesantren.

Seminar Parenting dan Doa Bersama di SMA Barunawati

Bekerja sama dengan SMA Barunawati, Surabaya, YDSF gelar seminar Parenting yang diisi langsung oleh Ustadz Suhadi Fadjaray, motivator sekaligus penulis buku tentang parenting. Berlangsung pada pertengahan Maret di Masjid SMA Barunawati, Jl. Perak Barat No. 173, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan doa bersama.

Sebanyak 375 peserta termasuk siswa, wali murid, dan guru hadir dalam kegiatan bertemakan ‘Bersama, Bermuhasabah, dan Melangitkan Doa untuk Kesuksesan Peserta Didik.’ Seminar pengasuhan anak yang utamanya diperuntukkan bagi siswa kelas XII itu juga diharapkan dapat membangun sinergi antara siswa, wali murid, dan guru, agar senantiasa mendukung dan mengantarkan siswa menuju jalan kesuksesan.

Optimalkan Pelayanan Saat Ramadhan, YDSF Latih Puluhan Relawan Gerai

Jelang Ramadhan lalu, YDSF siapkan puluhan Relawan Gerai guna memberikan kemudahan layanan zakat, infaq, sedekah dan wakaf. Sebanyak 45 Relawan selanjutnya dilatih agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada donatur. Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari itu diselenggarakan di Graha Zakat 2 YDSF, Jl. Kertajaya 8C No. 11, Surabaya, sepekan jelang Ramadhan.

Dengan keberadaan relawan, pelayanan YDSF tidak hanya bertempat di kantor pusat maupun cabang saja. Gerai zakat YDSF hadir membersamai donatur di beberapa pusat perbelanjaan, bank dan lainnya yang tersebar di berbagai kota, seperti Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lumajang, Banyuwangi, Jember, Situbondo, Bondowoso, Jakarta, dan Malang.

Sambut Ramadhan, Dai Desa YDSF Gelar Tarhib Ramadhan

Semarak menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H turut dilaksanakan YDSF di berbagai daerah. Beragam kegiatan Tabligh Akbar dan Tarhib Ramadhan umumnya dilaksanakan bersama Dai YDSF yang tersebar di berbagai pelosok daerah.

Kegiatan yang diselenggarakan menandai hadirnya bulan Ramadhan ini meliputi kajian keagamaan, pasar murah, cek kesehatan, pawai santri, cerdas cermat, mengaji, dan berdoa bersama. Diikuti oleh berbagai elemen masyarakat seperti santri hingga lansia, semarak kegiatan ini serempak digelar di 25 titik, tersebar di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bali.

Buka Puasa Bareng Hafidz Cilik

Akhir Maret lalu, YDSF menggelar buka puasa bersama dengan anak-anak penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Roudlatul Hafidz Fahiis An-Nuha, Desa Gandusari, Blitar. Mereka mayoritas penghafal cilik dari kalangan fakir, dhuafa, dan yatim. Selama Ramadhan, kemanfaatan buka bersama tidak hanya dilaksanakan bagi hafidz cilik di Blitar saja.

YDSF juga menyalurkan sebanyak 6.280 Paket Buka Puasa senilai Rp125,6 juta selama Ramadhan 1444 H. Paket Buka Puasa disalurkan bagi masyarakat kurang mampu di berbagai daerah meliputi Riau, Palu, Gowa, Halmahera Selatan, Balikpapan, Bali, NTT, NTB, Papua, Semarang, Yogyakarta, Cianjur, Madiun, Situbondo, Bondowoso, Jombang, Blitar, dan Surabaya.

Puluhan Anak Yatim dan Dhuafa Ngabuburit dengan Dolanan Tradisional

Pada pertengahan Ramadhan lalu, sekitar 58 anak yatim dan dhuafa mengikuti kegiatan outbond dan berbuka bersama YDSF di Kampung Lali Gadget, Desa Pagerngumbuk, Wonoayu, Sidoarjo. Bukan hanya sekadar berbuka, untuk menunggu datangnya waktu Maghrib, berbagai gelaran permainan tradisional seperti egrang, gasing, congklak hingga permainan sarung. Semua mereka mainkan dengan penuh keceriaan.

Tidak hanya menghabiskan waktu dengan bermain, kegiatan dalam program Pembinaan Yatim & Pena Bangsa ini juga diimbangi dengan kisah inspiratif dari film ‘Bilal’. Tujuan dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pembelajaran, manfaat, dan kesan bagi anak-anak yatim dan dhuafa.

YDSF Gelar Pasar Ramadhan Bahagia di Masjid Agung Gresik

YDSF adakan dua agenda Gerakan Subuh Berjamaah (GSB) di Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim Gresik pada pertengahan Ramadhan lalu. Kegiatan yang dihadiri sekitar 340 jamaah itu digelar sejak jam 04.00 WIB bersamaan dengan GSB  dan kajian yang diisi oleh Ustadz KH. Chusnan Ali.

Setelah mendengarkan tausiah bertema Keutamaan Ramadhan, masyarakat berduyun-duyun datang memadati Pasar Ramadhan Bahagia Bersama YDSF. Pasar digelar dengan menyuguhkan sayur murah dengan konsep sedekah seikhlasnya. YDSF juga membagikan beras gratis bagi dhuafa. Kegiatan sejenis juga dilaksanakan di Masjid An-Nur, Perum Bukit Cemara Wangi, Gresik dan Masjid As-Syifa Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Selaraskan Cara Mendidik Anak, YDSF Adakan Seminar Parenting di Panji, Situbondo

Bekerja sama dengan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kecamatan Panji, Situbondo, YDSF mengadakan seminar Parenting untuk 100 guru dan wali murid. Seminar dengan tema ‘Membangun Sinergi Antar Sekolah dan Orang Tua Sukses Generasi Emas’ itu menghadirkan praktisi psikologi dan akademisi, Enyke Rosita Diana, S.Psi, M.Psi.

Kegiatan yang diselenggarakan pertengahan Maret lalu itu membahas sinergi antara orang tua dan program sekolah, agar senantiasa menyelaraskan persamaan tujuan dalam mendidik anak.

Gelar Baksos Bersama Majelis Taklim Lumajang

120 Paket sembako senilai Rp7,5 juta disalurkan YDSF bekerja sama dengan ibu-ibu Majelis Taklim Nur Jannah dan Majelis Taklim Perum Panjaitan Permai di Lumajang, pada akhir Maret lalu. Titik penyaluran bakti sosial tersebut ada di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Klakah, Kecamatan Kunir, dan Kecamatan Tempeh.

Tidak hanya itu, YDSF juga menyalurkan bantuan beasiswa yatim nonpanti bagi 12 anak di Kelurahan Rogotrunan, dan Kelurahan Tompokersan. Penyaluran beasiswa senilai Rp8,4 juta dilangsungkan di Griya Al-Qur'an YDSF Lumajang.

Pelatihan Totok Punggung

Jelang memasuki Bulan Ramadhan lalu, ratusan pelajar SDIT Madani Ekselensia Sidoarjo mengadakan Tarhib Ramadhan 1444 H dengan mengikuti kegiatan yang mengupas kisah-kisah sahabat Nabi. Kak Usman, salah satu pemateri dari Persaudaraan Pencerita Muslim Indonesia (PPMI), menyampaikan teladan Khalifah Umar bin Khattab kepada 187 siswa.

Di even lainnya, YDSF juga mengadakan pelatihan terapi totok punggung (Topung) bagi 66 peserta di Hotel Edotel Jl. Jenggolo Siwalanpanji, Buduran, Sidoarjo. Kegiatan yang dilaksanakan awal April ini, sekaligus dibarengi dengan buka puasa bersama.

Latih Wali Santri PSM Takeran Lebih Cekatan Mendidik Anak


Pertengahan Maret lalu, kolaborasi YDSF dan Raudathul Athfal (RA) Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) Takeran, Magetan adakan seminar parenting. Bertempat di Aula Kampus PSM, sekitar 200 peserta dari wali santri turut mendengarkan materi yang dibawakan motivator parenting, Ir. Misbahul Huda, MBA.

Seminar sekaligus ajang silaturahmi wali santri dan guru itu bertujuan sebagai langkah strategis untuk mendidik tumbuh kembang anak agar sukses dunia maupun akhirat. “Anak itu jangan dinilai kesuksesannya hanya dari perkara dunia, intelektual, materi, dan prestasinya. Tapi yang tidak kalah penting adalah kesuksesan spiritual,” tutur Misbahul Huda.

Bagikan Bingkisan Lebaran dan Gaungkan Adzan di Pelosok Kampung Banyuwangi

Bertempat di Roxy Supermarket Banyuwangi, YDSF bermitra dengan Fatayat NU bagikan bingkisan lebaran untuk 10 anak yatim dengan total nilai Rp2,6 juta. Anak-anak yatim dibebaskan untuk belanja memilih sendiri pakaian yang mereka suka. Selama Ramadhan, YDSF juga sebarkan 300 paket takjil dan buka puasa untuk warga sekitar Pondok pesantren Darul Ulum Glenmore. Tidak ketinggalan, guna kumandangkan adzan dan tadarus Al-Qur’an selama Ramadhan tahun ini, YDSF realisasikan satu paket sound system senilai Rp2,5 juta untuk mushala di pelosok Kampung Telocor, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi.

Bantuan Biaya Berobat untuk Penderita TBC

Kegiatan rutin YDSF untuk memberikan layanan kesehatan kembali di gelar. Di pekan ketiga setiap bulannya, YDSF menyalurkan bantuan zakat untuk biaya kesehatan bagi pasien penderita TBC. Kegiatan dilakukan di 15 desa dari empat kecamatan di Kabupaten Gresik. 22 pasien penderita TBC juga mendapatkan paket sembako . Khusus di Kabupaten Gresik, bantuan kesehatan sudah tersalur sampai Pulau Bawean.

Alhamdulillah semakin terasa manfaatnya, kali ini bantuan zakat kesehatan tersalur hingga Pulau Bawean. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk pasien TBC di sini,” ucap Syaifudin, koordinator kegiatan.

 

Artikel Terkait:

PERBEDAAN ZAKAT, INFAQ, SEDEKAH, DAN WAKAF | YDSF
Doa Agar Diberikan Hikmah & Masuk Golongan Shalih | YDSF
PIPANISASI AIR DAN PAKET SEMBAKO YDSF UNTUK PENYINTAS GEMPA CIANJUR
Sedekah Atas Nama Orang Tua yang Telah Meninggal | YDSF
Niat Puasa Ayyamul Bidh | YDSF
ZAKAT DARI HASIL GAJI | YDSF
DAKWAH YDSF DI BALI
Saat Amal Baik Batal Dilakukan | YDSF

Tags: penyaluran ydsf, penyaluran program ydsf, penyaluran ydsf mei 2023, program ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: